CARI TAU YUK, ”GIMANA SIH CARANYA BIKIN GIGI PALSU?”

1 Reply

Artikel

Hay guys, kalian tau ga sih kalo gigi kita yang ompong tuh ternayata bisa digantikan fungsinya? Iya pasti tau, jadi tuh dengan adanya gigi palsu, gigi kita yang ompong entah karena jatuh atau berlubang bisa digantikan fungsinya. Nah disini kita akan bahas mengenai cara pembuatan dari gigi palsu itu sendiri guys, tapi sebelumnya, kalian tau ga sebutan bagi para pembuat gigi palsu? Mereka-mereka biasa disebut dengan sebutan tekniker gigi, jadi sebenernya bukan dokter gigi yang membuat gigi palsu sebagaimana kalian ketahui selama ini. Okedeh daripada kalian keburu ga sabar, mari kita liat gimana sih sebenernya cara bikin gigi palsu itu…

Step 1, Pengecoran Cetakan Negatif

Tekniker gigi menerima cetakan yang biasanya disebut cetakan negatif dari dokter gigi untuk selanjutnya dicor, nah itu modal pertamanya guys untuk bisa dilakukan pembuatan gigi palsu

Di bawah ini gambar proses pengecorannya…

1

Step 2, Persiapan Model Kerja

Setelah cetakan selesai dicor dan sudah kering, step selanjutnya adalah persiapan model kerja, distep ini model kerja dibersihkan dari semacem bubble-bubble karena proses pengecoran guys agar hasil pengerjaannya nanti bisa maksimal terus juga modelnya ditrimmer pake mesin supaya rapi bentuknya

2

Nah foto di atas menunjukkan proses model kerja yang dirapikan dengan mesin trimmer guys, jangan lupa hati-hati ya dalam menggunakan mesin ini, kerena bisa berbahaya kalau kalian tidak mengetahui cara penggunaanya dan tidak berhati-hati.

Step 3, Pengerjaan alias Pembuatan Gigi Palsu

Oke akhirnya kita sampai di tahapan inti dari pembuatan gigi palsu nih guys, di tahap ini model kerja yang udah jadi tadi diproses dengan mengikuti prosedur pengerjaan yang ada, prosedurnya beda-beda guys tergantung dari kita maunya gigi palsunya dibuat dari bahan apa. Salah satu bahan yang akan kita bahas adalah gigi palsu yang dibuat dari bahan akrilik, biar lebih mudah buat pembaca-pembaca dalam memahaminya.

Jadi setelah step 2 selesai dikerjakan, gigi palsu yang akan dibuat dari bahan akrilik ini diblock out guys supaya nantinya gigi palsunya bisa dengan mudah dilepas pasang dari dalam mulut kalian.

Ini dia penampakan dari proses block out guys, block out disini menggunakan bahan gypsum putih

3

Setelah proses block out selesai, dilakukan pembuatan klamer guys yang berfungsi sebagai retensi atau pegangan gigi palsu ke gigi yang masih ada di dalam mulut supaya gigi palsunya ga lepas ketika kita pakai.

4b 4a

Begitu klamer selesai dibuat giliran giginya nih yang kita susun, disusun yang benar ya guys supaya gigi palsunya bisa berfungsi dengan baik sekalian dibuat basis gigi palsunya dengan menggunakan wax atau malam, pembuatan basisnya yang rapi ya guys supaya nanti gigi palsunya nyaman ketika berada di dalam mulut hehehe

5b 5a

Prosedur inti yang awal alias mentahan udah selesai nih guys. Yuk kita jadiin hasil susun gigi yang tadi guys biar bisa cepet digunakan gigi palsunya.

 

Pada proses pembuatan jadi ini kita membutuhkan kompor dan panci sebagai peralatan pendukung guys. Pertama model kerja yang sudah rapi beserta susunan giginya kita tanam ya guys ke dalam suatu wadah yang biasa disebut cuvet dengan bahan tanam berupa gips.

Ini penampakan proses penanamannya yaaa guys

6a 6b

Setelah itu cuvet beserta model di dalamnya direbus di panci dengan air mendidih selama 10 menit, proses ini dinamakan dengan boiling out yang berfungsi untuk menghilangkan wax atau malam yang tadi kalian buat sehingga nantinya akan didapat space yang akan kita isi dengan bahan dasar gigi palsu akrilik yaitu akrilik itu sendiri.

7

Nah ini hasil dari boiling out di atas guys yang nantinya akan diisi dengan bahan akrilik

8

Setelah pengisian bahan akrilik sampai cuvetnya kembali metal to metal atau saling menempel cuvet atas dan bawahnya, cuvet kembali direbus nih guys, tapi kali ini lebih lama ya, yaitu sekitar 45 menit, proses ini namanya curing.

Gambar di bawah ini menunjukkan proses pengisian bahan akrilik ke cuvet hasil boiling out dari gambar di atas kemudian dilakukan curing yaa guys

9b 9a

Setelah perebusan kedua ini selesai, cuvetnya dibongkar ya guys, tapi pelan-pelan takut gigi palsu yang udah kalian buat dengan susah payah malah jadi patah.

10

Begitu gigi palsunya sudah bisa bersih dari sisa bahan tanam, dilakukan prosedur finishing guys, dengan cara merapikan gigi palsu menggunakan mata bor supaya bisa masuk ke model kerjanya lagi, dicek juga oklusinya atau gigitannya supaya bisa digunakan untuk mengunyah dengan baik.

11

Setelah finishingnya selesai maka dilakukan prosedur terakhir yaitu polishing guys, di prosedur ini digunakan bahan yang namanya pumish dibantu dengan alat sikat hitam lalu feltcone kemudian dilanjutkan dengan CaCO3 yang juga dibantu dengan sikat putih supaya gigi palsunya bisa kinclong mengkilap dan halus.

12a 12b 12c

Nah kalo gigi palsunya udah bagus kan jadi nyaman untuk dipakai. Okedeh itu dia ulasan untuk membuat gigi palsu yaa guys. Bagi kalian yang punya masalah gigi ompong atau copot Akan jauh lebih baik untuk menghubungi dokter gigi terdekat supaya bisa mendapat gigi palsu. Dengan gigi yang rapih tentunya akan sangat bermanfaat dan nyaman ketika kita sedang menikmati makanan. Dan ini dia guys foto hasil dari pembuatan gigi palsu yang tadi kita bahas di atas.

13

1 comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seven − 3 =