Vaksinasi Dosis Ketiga (Booster) bagi Civitas RSGM Unsoed

Berita

Jumat, 20 Agustus 2021 diadakan vaksinasi dosis ketiga (Booster) bagi Civitas Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Jenderal Soedirman.

RSGM Universitas Jenderal Soedirman bersinergi dengan pemerintah Kabupaten Banyumas, khususnya Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Banyumas, mengadakan kegiatan pemberian vaksinasi Covid-19 dosis ketiga (vaksin Moderna) bagi tenaga kesehatan dan pegawai RSGM serta Klinik Pratama Universitas Jenderal Soedirman. Prasyarat pemberian vaksinasi dosis ketiga antara lain telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama dan kedua, dengan jarak waktu minimal 3 bulan dari vaksinasi dosis kedua dan atau minimal 3 bulan pasca sembuh bagi penyintas Covid-19.

Pada kegiatan pemberian vaksinasi dosis ketiga ini, dr. Yenni Apriana Wulandari, M.P.H selaku Wakil Direktur RSGM Bidang Pelayanan Medik, Keperawatan, dan Penunjang, yang juga bertugas sebagai Ketua Tim Vaksinasi RSGM, menyampaikan bahwa SDM rumah sakit yang berinteraksi dengan pasien adalah garda terdepan muara penanganan pandemi Covid-19 ini. Di samping mereka harus harus berinteraksi dengan pasien, tenaga mereka juga terforsir untuk melayani pasien saat pandemi melonjak. Program pemberian vaksinasi dosis ketiga ini diharapkan dapat meningkatkan imunitas SDM rumah sakit terhadap infeksi Corona Virus saat memberikan pelayanan kepada pasien.

Sebanyak 105 orang civitas RSGM serta Klinik Pratama Universitas Jenderal Soedirman divaksinasi menggunakan vaksin Moderna. Adanya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) diobservasi melalui pengisian form yang dibagikan secara online kepada masing-masing peserta vaksinasi. KIPI yang dialami umumnya dalam kategori ringan seperti bengkak di daerah penyuntikan dan demam, yang selanjutnya bisa teratasi segera dengan mengikuti anjuran yang sudah diberikan.

Wakil Direktur Bidang Akademik dan SDM, drg. Christiana Cahyani Prihastuti, M.Phil juga menyampaikan sudah dilaksanakannya pemberian vaksinasi dosis ketiga kepada civitas RSGM Universitas Jenderal Soedirman diharapkan kinerja para pegawai bisa dilaksanakan dengan maksimal.