DENTAL HEALTH SCREENING ROADSHOW RSGMP UNSOED DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL (DUKCAPIL) KABUPATEN BANYUMAS

By admin February 6, 2024

gambar Kesehatan gigi dan mulut memiliki peran yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Gigi yang sehat akan mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan, menunjang aktivitas sehari-hari, dan meningkatkan kepercayaan diri di mata orang lain. Kesehatan gigi berawal dari kesadaran dan pengetahuan akan pentingnya kesehatan gigi. Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Universitas Jenderal Soedirman (RSGMP UNSOED) mencanangkan Program Dental Health Screening Roadshow ke institusi pemerintah maupun swasta pada tahun 2024 ini sehingga dapat memberikan edukasi kesehatan gigi dan pemeriksaan gigi dengan jangkauan lebih luas, tanpa dipungut biaya.

Kegiatan roadshow kali ini diawali di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Banyumas. Para pegawai Dindukcapil merupakan ujung tombak dalam memberikan pelayanan publik sehingga perlu didukung senyum dan gigi yang sehat. Untuk mewujudkan kemudahan edukasi dan pemeriksaan gigi tersebut, RSGMP UNSOED pada hari Jumat (02/02/2024) melakukan pemeriksaan kesehatan gigi yang bertempat di Gedung Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil).

Petugas kesehatan RSGMP UNSOED terdiri dari dokter gigi, mahasiswa profesi dokter gigi, dan tim medis lainnya. Para peserta kegiatan Dental Health Screening, yakni pegawai Dindukcapil terlihat sangat antusias saat mendapatkan kesempatan untuk berkonsultasi terkait kesehatan gigi-geligi maupun dilakukan pemeriksaan kondisi gigi dan mulutnya. Beberapa kasus yang membutuhkan perawatan lebih lanjut, dirujuk untuk datang ke RSGMP UNSOED yang berlokasi di Jalan Dr. Soeparno, Karangwangkal.

Program Dental Health Screening Roadshow ini merupakan upaya RSGMP UNSOED untuk mewujudkan salah satu misi rumah sakit yaitu menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang kedokteran gigi dan kesehatan lainnya yang relevan dengan pengembangan sumber daya perdesaan dan kearifan lokal. Semoga dengan adanya kegiatan ini kesadaran akan pentingnya kesehatan gigi pada masyarat dapat meningkat dan RSGMP UNSOED tetap berkomitmen terus meningkatkan mutu pelayanan (KIS/FRI/CC).

gambar gambar