World Patient Safety Day – 17 September 2023

By admin September 17, 2023

gambar Peringatan hari Keselamatan Pasien Sedunia atau World Patient Safety Day jatuh pada tanggal 17 September dengan tujuan: mengangkat kesadaran global akan perlunya keterlibatan aktif pasien dan keluarga serta pemberi layanan di seluruh rangkaian dan dan tingkat layanan kesehatan untuk meningkatkan keselamatan pasien; mendorong pimpinan rumah sakit dan stakeholder dalam upaya melibatkan pasien dan keluarga dalam kebijakan dan praktik pelayanan kesehatan yang aman; memberdayakan pasien dan keluarga untuk terlibat aktif dalam pelayanan kesehatan serta mendukung Tindakan mendesak terhadap keterlibatan pasien dan keluarga.

Keselamatan pasien adalah kerangka kerja dari kegiatan-kegiatan yang terorganisir sehingga membangun budaya, proses, prosedur, perilaku, teknologi dan lingkungan pelayanan kesehatan yang secara konsisten dan berkesinambungan dapat menurunkan resiko, mengurangi kejadian cedera yang seharusnya dapat dicegah, meminimalkan kemungkinan terjadinya kesalahan dan mengurangi dampak apabila terjadi kesalahan. Untuk memastikan peningkatan keselamatan pasien di rumah sakit secara signifikan dan konsisten dibutuhkan kebijakan dan regulasi yang jelas dari pimpinan, pemimpin yang memiliki rasa kepemimpinan (leadership) dalam organisasi, tenaga profesional kesehatan yang kompeten, dan adanya keterlibatan pasien maupun keluarga dalam proses pelayanan.

Tema Hari Keselamatan Pasien Sedunia tahun ini adalah “Patient and Family Engagement” atau “Keterlibatan Pasien dan Keluarga” dalam pelayanan kesehatan untuk meningkatkan mutu dan keselamatan pasien. Keterlibatan Pasien dan Keluarga membangun kapasitas pasien, keluarga dan orang-orang yang merawat, penyedia pelayanan kesehatan untuk memfasilitasi dan mendukung keterlibatan aktif pasien terhadap perawatan dirinya, untuk meningkatkan keselamatan, mutu dan pelayanan kesehatan yang berfokus pada individu.

Keterlibatan pasien dan keluarga merupakan strategi kunci untuk mengembangkan sistem kesehatan yang lebih aman. Perawatan kesehatan yang aman bergantung pada pasien dan keluarga untuk terlibat secara penuh sebagai pengguna sistem perawatan kesehatan, melalui hal ini diperlukan pergeseran dari perawatan yang dirancang untuk pasien menjadi perawatan yang dirancang bersama pasien. Dengan adanya peringatan World Patient Safety Day diharapkan RSGM dapat terus memiliki komitmen untuk menjaga dan meningkatkan mutu keselamatan pasien melalui pemberdayaan pasien dan keluarga.

#unsoedmajuterus

#merdekamajumendunia