RSGMP UNSOED DAN BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) CABANG UNSOED BEKERJASAMA MENYELENGGARAKAN PELATIHAN SERVICE EXCELLECE

By admin March 14, 2024

gambar Pelayanan kesehatan yang berkualitas adalah tujuan utama setiap rumah sakit. Salah satu cara untuk mencapai hal ini antara lain melalui pelatihan Service Excellence. Service Excellence adalah komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pasien atau pelanggan. Dalam konteks rumah sakit, Service Excellence berarti memberikan perawatan yang lebih dari sekadar pelayanan medis tetapi melibatkan empati, komunikasi yang baik, dan perhatian terhadap kebutuhan pasien.

Pada hari Rabu (06/03/2024), Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGMP Unsoed) bekerja sama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Unsoed menyelenggarakan Pelatihan Service Excellence. Acara ini dihadiri oleh Bapak Abraham Yusuf selaku kepala cabang BSI Unsoed, Bapak Prastowo Surya Adi sebagai pembicara dari BSI Purwokerto, dan tim marketing BSI Unsoed. Sedangkan dari RSGMP Unsoed yang hadir dalam pelatihan ini yaitu drg. Christiana Cahyani Prihastuti, M.Phil. selaku Wakil Direktur Bidang Akademik dan Sumber Daya Manusia (SDM), dr. Yenni Apriana Wulandari, MPH selaku Wakil Direktur Bidang Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang, serta para koordinator bidang. Hadir sebagai peserta dari pelatihan Service Excellence ini adalah Pegawai RSGMP Unsoed yang meliputi Satpam, Pendaftaran, Kasir, Perawat Umum, Terapis Gigi dan Mulut (TGM), Dokter Umum, Dokter Gigi, Radiografer, Farmasi, Analis Laboratorium Medik, dan Petugas Laboratoratorium Teknik Gigi.

Bapak Abraham Yusuf, dalam sambutannya mengatakan bahwa kita harus berikrar bersama untuk memberikan pelayanan yang berbeda dari instansi lain. Mulai dari satpam, pegawai front liner, hingga dokter yang memberikan penanganan kepada pasien. Dilanjutkan sambutan berikutnya sekaligus membuka acara pelatihan, drg. Christiana Cahyani Prihastuti, M.Phil. menyampaikan bahwa Pelatihan Service Excellence ini bukan yang pertama kali, tetapi pelatihan yang dilakukan hari ini diharapkan akan berbeda karena narasumber berasal dari Bank BSI sehingga bisa diadopsi pelayanan prima di Bank. Pelatihan ini akan dilaksanakan menjadi dua tahap, tahap pertama dilaksanakan pada hari ini (06/03/2024) dan tahap kedua direncanakan bulan April mendatang.

Narasumber pelatihan ini adalah bapak Prastowo Surya Adi, selaku Area Operation and Service Manajer BSI Purwokerto. Beliau menyampaikan bahwa saat ini pelayanan publik perlu memberikan lebih dari Service Excellence yaitu yang disebut dengan Ultimate Service, di mana pasien/ pelanggan diberikan pelayanan melebihi harapan sehinga dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan pasien/ pelanggan. Kualitas pelayanan yang lebih dari harapan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan citra rumah sakit saja namun juga untuk terciptanya loyalitas pasien. Pelatihan diberikan dalam bentuk materi dan juga role play. Narasumber menggarisbawahi untuk dapat menerapkan ultimate service diperlukan sarana dan prasarana yang mendukung serta kemampuan SDM yang baik mengenai sikap, skill dan penampilan. Selain itu, diperlukan evaluasi terus menerus oleh pihak manajemen rumah sakit dalam bentuk observasi maupun penilaian role play di masing-masing unit layanan.

Semoga ke depan RSGMP Unsoed mampu menerapkan Ultimate Service untuk meningkatkan mutu pelayanan dan kepuasan pasien sesuai dengan motto RSGMP Unsoed: Melayani Sepenuh Hati (KIS/CC).