RSGMP UNSOED MELAKSANAKAN PENGAMBILAN SUMPAH KOAS ANGKATAN XXIII

By admin March 20, 2024

gambar Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Universitas Jenderal Soedirman (RSGMP Unsoed) melaksanakan pengambilan Sumpah Koas angkatan XXIII pada hari Senin, 18 Maret 2024. Sebanyak 21 mahasiswa baru profesi dokter gigi Fakultas Kedokteran Unsoed diambil sumpah oleh direktur RSGMP Unsoed drg. Irfan Dwiandhono, Sp.KG,M.Biomed, dengan didampingi oleh para pemuka agama Islam, Katolik, dan Kristen di Aula RSGMP Unsoed.

Sumpah Koas ini mengawali pembelajaran klinis mahasiswa profesi dokter gigi di rumah sakit pendidikan. Sebelumnya, mahasiswa baru profesi dokter gigi telah mengikuti Mata Kuliah Orientasi Klinik terkait kerumahsakitan, antara lain peningkatan mutu dan keselamatan pasien rumah sakit (PMKP), pelatihan pencegahan dan pengendalian infeksi (PPI), pelatihan bantuan hidup dasar (BHD), manajemen fasilitas kesehatan (MFK), program nasional berupa penurunan angka kesakitan TBC dan penurunan angka kesakitan HIV/AIDS, serta materi lainnya.

Dewan Prosesi pengambilan sumpah ini adalah Direktur RSGMP Unsoed beserta para wakil direktur, Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Unsoed, Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Kedokteran (FK) Unsoed, Ketua Jurusan Kedokteran Gigi Unsoed. Adapun tamu undangan yang hadir di antaranya Koordinator Bidang Tata Usaha FK Unsoed, Koordinator Bidang Penunjang RSGMP Unsoed, Koordinator Bidang SDM RSGMP Unsoed, dan Tim Koordinasi Pendidikan (Timkordik) RSGMP Unsoed.

Pada sambutannya, Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Unsoed, Dr. dr. MM Rudi Prihatno M.Kes.,M.Si.,Med.,SpAn-KNA memberikan ucapan selamat kepada para mahasiswa koas baru yang telah menyelesaikan jenjang studi sarjana dan memasuki jenjang studi profesi dokter gigi. Beliau berpesan agar mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan pembelajaran klinis bertemu langsung dengan pasien perorangan maupun masyarakat untuk meningkatkan keilmuan dan ketrampilan klinis sebagai calon dokter gigi yang profesional.

Pada kesempatan ini, Direktur RSGMP Unsoed drg. Irfan Dwiandhono, Sp.KG,M.Biomed juga memberikan sambutan selamat datang bagi mahasiswa koas baru untuk menuntut ilmu di RSGMP Unsoed sebagai rumah sakit pendidikan bagi mahasiswa profesi dokter gigi FK UNSOED. Beliau berharap mahasiswa koas sebagai bagian dari civitas hospitalia dapat segera beradaptasi dengan lingkungan rumah sakit dan menjalani pendidikan dengan penuh semangat sehingga bisa lulus tepat waktu. Beliau menekankan hak pembelajaran klinis mahasiswa di bawah supervisi dokter penanggung jawab pasien serta implementasi Sumpah Koas yang telah dilafalkan, antara lain menjalankan standar operasional prosedur pelayanan rumah sakit, memperlakukan pasien dengan mengindahkan etika kedokteran, dan senantiasa menjaga kerahasiaan medis.

Maju terus pantang menyerah, Generasi Soedirman! RSGMP Unsoed siap memberikan pelayanan kesehatan dan pendidikan dengan sepenuh hati (KIS/CC).

gambar gambar