TK Islam Annur Bancarkembar Purwokerto Melakukan Kunjungan Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut di RSGMP Unsoed

By admin May 3, 2024

gambar

Menjaga kesehatan gigi dan mulut perlu dilakukan sejak dini. Hal ini dilakukan agar kesehatan gigi dan mulut selalu terjaga dengan baik. Salah satu upayanya melalui edukasi mengenai kesehatan gigi dan mulut sejak usia anak-anak. Sebanyak 60 siswa dari Taman Kanak-Kanak Islam Annur Bancarkembar melakukan kegiatan kunjungan edukasi kesehatan gigi dan mulut ke Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Universitas Jenderal Soedirman (RSGMP Unsoed) Purwokerto. Kegiatan yang berlangsung pada hari Kamis, 2 Mei 2024, ini merupakan bagian dari program sosialisasi kesehatan yang ditujukan untuk anak-anak usia dini dari Tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) RSGMP Unsoed.

Dengan didampingi oleh empat ustadzah, para siswa tiba di RSGMP Unsoed pukul 08.00 WIB dan disambut hangat oleh Tim PKRS yang terdiri dari dokter gigi, Terapis Gigi dan Mulut, Perawat dan Coass. Dokter Penanggungjawab Pasien (DPJP), drg. Oshada Dewi Herdifa dan drg. Ifan Arief, dibantu para Coass memimpin sesi penyuluhan yang mengedukasi siswa tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Kegiatan ini diisi dengan serangkaian acara menarik, termasuk praktik menyikat gigi yang baik dan benar. Para siswa diajarkan teknik menyikat gigi yang efektif untuk mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi. Selain itu, mereka juga diperkenalkan dengan ruang dan alat praktik dokter gigi, yang memberikan pengalaman langsung tentang bagaimana perawatan gigi dilakukan.

“Kami sangat senang dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini. Edukasi kesehatan gigi dan mulut sangat penting, terutama bagi anak-anak kami yang masih dalam tahap pertumbuhan,” ujar salah satu ustadzah yang mendampingi siswa.

Kunjungan ini tidak hanya memberikan pengetahuan baru bagi siswa, tetapi juga memotivasi mereka untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut sejak usia dini. RSGMP Unsoed terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan gigi dan mulut melalui kegiatan PKRS bagi siswa sekolah, institusi, maupun masyarakat umum (KIS).