By admin June 6, 2024
Acara dibuka dengan sambutan hangat dari Direktur RSGMP Unsoed, drg. Irfan Dwiandhono, Sp.KG.,M.Biomed, yang menjelaskan pentingnya revitalisasi rumah sakit dalam menghadapi tuntutan zaman. RSGMP Unsoed merupakan rumah sakit khusus gigi dan mulut yang telah beroperasi selama 12 tahun, menyediakan layanan dokter gigi spesialistik yang lengkap dan menjadi rujukan bagi masyarakat Jawa Tengah bagian Selatan, bahkan tak jarang mendapatkan rujukan pasien dari Pangandaran dan daerah lainnya. Beliau menyampaikan dukungan penuh dari Rektor Unsoed terhadap layanan JKN di RSGMP Unsoed yang akan turut mendukung Program Revitalisasi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Unsoed.
Selanjutnya narasumber pertama, Iidha Nurul Fajri, S.K.M.,AAAK, Kepala Bagian Mutu Layanan Kesehatan BPJS Kesehatan Purwokerto, memberikan wawasan mendalam tentang regulasi dan persyaratan yang diperlukan oleh rumah sakit untuk menjalin kerjasama dengan BPJS Kesehatan. Materi dan diskusi yang disampaikan memberikan pemahaman yang jelas bagi para peserta terkait pemenuhan standar dan tahapan pengajuan kerjasama.
Sesi berikutnya diberikan oleh dr. Elhamangto Zudan, M.K.M selaku Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, yang membahas Kelas Rawat Inap Standar (KRIS). Presentasi ini memberikan perspektif yang lebih luas tentang standar pelayanan rawat inap yang harus dipatuhi oleh rumah sakit dalam menjalankan kerjasama dengan BPJS Kesehatan.
Mochammad Rizal Sidiq, S.E., M.A.P selaku Sub Koordinator Pelayanan Perizinan Bidang Kesra dan Lingkungan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintul (DPMPTSP) Provinsi Jawa Tengah, menyajikan materi terakhir tentang perizinan. Penekanan diberikan pada pentingnya pemahaman yang baik tentang prosedur perizinan yang berlaku dalam konteks kerjasama antara rumah sakit dan BPJS Kesehatan.
Acara workshop ini diakhiri dengan harapan para pembicara bahwa kerjasama antara RSGMP Unsoed dan BPJS Kesehatan akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat dalam mendapatkan akses terhadap layanan kesehatan gigi dan mulut yang terjangkau dan berkualitas. Direksi RSGMP Unsoed dan segenap civitas hospitalia optimis dan berkomitmen untuk dapat segera mewujudkan kerjasama dengan BPJS dan memberikan pelayanan paripurna dengan sepenuh hati. Maju terus pantang mundur. (KIS/CC)