Instalasi Gizi dan Jasa Boga

Instalasi Gizi dan Jasa Boga merupakan bagian integral dari sistem pelayanan kesehatan rumah sakit yang bertanggung jawab dalam pemberian asuhan gizi dan penyelenggaraan makanan pasien. Di RSGMP Unsoed, Instalasi Gizi dan Jasa Boga dikembangkan sebagai sarana penunjang pelayanan klinis dengan pendekatan interprofesional berbasis bukti (evidence-based practice). Instalasi Gizi dan Jasa Boga di RSGMP adalah unit pelayanan penunjang yang bertanggung jawab dalam penyediaan makanan sesuai dengan kebutuhan gizi pasien dan/atau edukasi gizi kepada pasien, keluarga, masyarakat, dan tenaga kesehatan. Tujuannya adalah mendukung proses penyembuhan, mencegah malnutrisi, dan meningkatkan status gizi pasien.

Ruang Lingkup Pelayanan

  1. Pelayanan Gizi Rawat Jalan
    Layanan ini diberikan kepada pasien rawat jalan yang memerlukan intervensi gizi untuk kondisi kesehatan tertentu. Dua bentuk layanan yang disediakan meliputi:
  • Konsultasi Gizi Tatap Muka (Offline): Edukasi dan perencanaan diet dilakukan secara langsung oleh dietisien kepada pasien, dengan mempertimbangkan status gizi, riwayat penyakit, dan preferensi makan.
  • Konsultasi Gizi Daring (Online): Layanan berbasis teknologi informasi yang memungkinkan pasien mendapatkan pelayanan gizi melalui media virtual.
  1. Pelayanan Gizi Rawat Inap
    Meliputi dua komponen utama:
  • Penyelenggaraan Makanan (Food Service): Proses penyusunan, pengolahan, dan distribusi makanan pasien berdasarkan kebutuhan dietetik dan rekomendasi medis.
  • Asuhan Gizi Terstandar: Intervensi gizi individual yang melibatkan pengkajian, diagnosa, intervensi, monitoring, dan evaluasi (ADIME) oleh dietisien klinik.
  1. Pendidikan dan Konseling Gizi
    Edukasi dan konseling gizi perorangan atau kelompok.
  2. Promosi Kesehatan Gizi

Pembuatan media edukasi (leaflet, poster, konten medsos), penyuluhan gizi, dan pelatihan internal.

Petugas Instalasi Gizi
Petugas Instalasi Gizi dan Jasa Boga RSGMP Unsoed terdiri dari Dietisien dan Nutrisionis.

Alur Pelayanan Gizi
Rawat Jalan

  1. Pasien melakukan pendaftaran daring/luring
  2. Pemeriksaan dan rujukan oleh dokter/lab/penunjang lainnya atau pasine tanpa pemeriksaan baik daring ataupun luring
  3. Asesmen dan diagnosis gizi
  4. Penyusunan dan penyerahan rencana diet disertai konsultasi
  5. Monitoring dan evaluasi serta tindak lanjut bila diperlukan Rawat Inap
  6. Pasien mendapatkan diagnosa dari dokter
  7. Permintaan dikirim ke Instalasi Gizi
  8. Asesmen dan diagnosis gizi
  9. Pelaksanaan terapi diet dan edukasi
  10. Monitoring dan evaluasi status gizi

Waktu Pelayanan

  • Konsultasi Gizi: Senin – Kamis, pukul 07.30 – 16.00 WIB
    Jumat pukul 07.30- 16.30 WIB
  • Konsultasi Online: Fleksibel dengan perjanjian (pukul 07.30 – 16.00 WIB)
  • Distribusi Makanan Pasien Rawat Inap:
  • Pagi: 06.00 – 07.00 WIB
  • Siang: 11.00 – 12.00 WIB
  • Sore: 17.00 – 18.00 WIB
Translate »