rsgmp.unsoed.ac.id » Sejarah

Sejarah

Mengingat kebutuhan masyarakat akan kesehatan gigi dan mulut serta untuk menunjang kegiatan perkuliahan di Jurusan Kedokteran Gigi Unsoed, Universitas Jenderal Soedirman membangun sebuah rumah sakit yang dinamakan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Universitas Jenderal Soedirman (RSGMP Unsoed) yang merupakan Rumah Sakit Gigi dan Mulut pertama di Jawa Tengah dan diresmikan pada tanggal 3 September 2012. Peresmian RSGMP Unsoed dilakukan bersamaan dengan kegiatan Baksos dalam rangka Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) tahun 2013 dengan peserta sekitar 800 Orang. Hadir dalam peresmian tersebut Rektor Unsoed Prof. Edy Yuwono, Ph.D, Wakil Gubernur Jawa Tengah Hj. Rustriningsih, Wakil Kapolda Jawa Tengah Brigjen (Pol) Akhmad Syukrani, Bupati Banyumas H. Mardjoko, dan perwakilan dari Konsil Kedokteran Indonesia. RSGMP Unsoed dipimpin oleh drg. Arwita Mulyawati, MH.Kes untuk periode jabatan 2012-2016.

Pada awal berdirinya, RSGMP Unsoed hanya menyelenggarakan beberapa pelayanan saja yaitu Instalasi Klinik Integrasi, Instalasi Klinik Pelayanan Umum dan IGD yang belum beroperasional selama 24 jam. Instalasi Pendukung seperti Radiologi belum beroperasional dikarenakan belum adanya sarana dan prasarana yang menunjang berjalannya kegiatan tersebut. Selama belum diselenggarakannya Instalasi Pendukung, kegiatan Skill Lab Radiologi mahasiswa Jurusan Kedokteran Gigi Angkatan 1 (2012) dialihkan ke RSGMP Universitas Moestopo Jakarta yang dibimbing oleh drg. Diah Indriastuti, Sp. RKG (K). Fasilitas di RSGMP juga belum terpenuhi semuanya termasuk akses menuju ke pelayanan belum menggunakan lift.

Seiring dengan berjalannya waktu, RSGMP Unsoed terus mengembangkan pelayanannya dengan memenuhi sarana prasarana dan fasilitas yang dibutuhkan secara bertahap melalui pengadaan dari tahun 2012 sampai sekarang. IGD sudah beroperasional 24 jam, Intalasi Radiologi sudah berjalan meski belum memiliki alat yang digital (masih analog), Instalasi Farmasi terus menambah variasi obat, jumlah kunjungan pasien ke Paviliun Serayu (Klinik Dokter Gigi Spesialis) juga makin meningkat. RSGMP Unsoed juga terus menambah SDM (medis maupun non medis) secara berkala untuk mendukung pelayanan kesehatan yang komprehensif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 + 20 =